Sakit DBD, Terdakwa Muhammad Kace Dirawat di RSUD 

Selasa, 28 Desember 2021 | 22:40:34 WIB

Metroterkini.com - Kondisi terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Muhammad Kace, belum stabil hingga Selasa (28/12) malam. Kace masih dirawat secara intensif di RSUD Ciamis karena penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Kondisi trombositnya belum stabil. Ditambah ada penyakit gula (diabetes). Jadi dirawat intensif," ujar Direktur RSUD Ciamis Rizali Sofiyan.

Rizali tidak menjelaskan dimana ruangan tempat Kace dirawat. Sebelumnya ia mengatakan Kace dirawat di Ruang Hasan Sobari (VIP) RSUD Ciamis.

"Kondisinya belum stabil. Kami melakukan perawatan intensif. Nanti kalau sudah sembuh dan sudah stabil, baru bisa dikembalikan lagi," kata Rizali.

Pengacara Kace, Kamaruddin, mengatakan kondisi kesehatan kliennya kembali menurun pada Selasa siang. Kace masuk ke high care unit (HCU) di RSUD Ciamis untuk mendapat penanganan medis.

"High care unit (HCU) dan intensive care unit (ICU) merupakan fasilitas rawat inap bagi pasien yang membutuhkan pengawasan, perawatan, dan pengobatan ketat karena adanya penyakit atau kondisi tertentu yang mengancam jiwa," tutur dia menambahkan.

Kace sempat jatuh pingsan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Ciamis, Jawa Barat, Jumat (24/12) malam. Dia mengalami penurunan kesehatan drastis lantaran terserang DBD.

Kamaruddin menjelaskan bahwa kliennya masih harus mengikuti sidang lanjutan yang akan digelar pada Rabu (29/12). Oleh sebab itu, jika kondisi kesehatan Kace belum membaik ia meminta persidangan ditunda. [**]

Terkini